Translate

Senin, 06 Agustus 2012

Media Berbasis KIT IPA

Pembelajaran IPA di MI Ma'arif NU Karangasem
1.      Arti, Jenis dan fungsi KIT IPA
Arti KIT IPA merupakan nama alat – alat IPA yang digunakan untuk percobaan dalam pembelajaran IPA di kelas Sekolah Dasar. Jenis KIT IPA, antara lain :
a.       KIT IPA untuk siswa yang dibutuhkan oleh kelompok – kelompok siswa untuk percobaan.
b.      KIT IPA untuk Guru yang dibutuhkan oleh guru untuk peragaan.
c.       KIT IPA, daftar nama benda – benda dan bahan – bahan dari lingkungan yang diperlukan untuk percobaan tertentu.


2.      Macam – macam peraga di dalam KIT IPA
a.       Mahluk Hidup
1)      Makhluk hidup berkembang biak
2)      Pemeliharaan dan pengembangbiakan makhluk hidup
3)      Populasi
b.      Alat indra
c.       Magnet
d.      Listrik

3.      Kegunaan KIT IPA
a.       Untuk meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
b.      Untuk penekanan pada metode – metoda pembelaran interaktif.
c.       Untuk mengembangkan program pengembangan sumber daya manusia.
d.      Untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih bermutu.
e.       Untuk memenuhi tujuan pembengunan masyarakat, ekonomi dan teknik di Indonesia.
f.       Untuk membantu guru IPA mempermudah persiapan pengajaran dan memperbaiki mutu proses belajar mengajar di kelas didasarkan pada kurikulum KTSP.

4.      Peranan KIT IPA di Sekolah Dasar
a.       KIT murid untuk percobaan yang dilaksanakan oleh sisws sendiri dalam kelompok – kelompok.
b.      KIT guru untuk peragaan dan percobaan yang umumnya dilakukan oleh guru dan siswa.
c.       Buku paduan IPA untuk percobaan percobaan yang dirakit sendiri dengan menggunakan barang atau bahan yang ditemukan di lingkungan tempat tinggal siswa.

5.      Keuntungan Pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam Melalui Media Pembelajaran Berbasis KIT IPA
Beberapa keuntungan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis KIT IPA adalah :
a.       Selain tidak perlu biaya mahal, alat sudah tersedia di sekolah, siswa maupun guru bisa langsung menggunakannya, dan siswa dapat mengenal langsung pada obyek benda yang diteliti.
b.      Dalam penggunaan KIT IPA, siswa maupun guru dapat memilih alat sesuai dengan materi yang sedang dibahas.
c.       Fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan atau penyusun kurikulum.


6.      Langkah-langkah Pembelajaran IPA Melalui Media Berbasis KIT
Langkah-langkah dalam pembelajaran media berbasis KIT IPA adalah :
a.       Memberi informasi
Dalam tahapan ini diberikan informasi pelaksanaan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis KIT IPA.
b.      Menyiapkan peralatan
Menyiapkan berupa alat peraga, LKS, pembelajaran dan gambar materi tumbuhan hijau.
c.       Memperlihatkan tata cara menggunakan media berbasis KIT IPA.
Siswa memperhatikan guru dalam mempraktekkan penggunaan media berbasis KIT IPA tentang jenis – jenis tumbuhan hijau. Sambil mengerjakan LKS yang telah disiapkan oleh guru.
d.      Menyamakan hasil
Setelah siswa selesai mengerjakan LKS, guru membacakan jawaban yang benar berdasarkan buku sumber yang ditetapkan, dan siswa mengoreksi jawabannya.
e.       Memberikan penjelasan
Guru memberikan penjelasan isi LKS yang sudah diisi dengan benar sekaligus memberikan penjelasan materi pelajaran yang berdasarkan buku sumber dan peragaan menggunakan media berbasis KIT IPA.

f.       Melakukan tanya jawab
Selanjutnya siswa diberi kesempatan bertanya atas materi pelajaran yang belum dimengerti dan dipahami.
g.      Evaluasi
                 Diakhir kegiatan belajar mengajar guru memberikan tes tulis, untuk mengetahui pemahaman siswa .                terhadap materi pelajaran.