Pembelajaran IPA di MI Ma'arif NU Karangasem |
Arti KIT IPA merupakan nama alat – alat IPA yang
digunakan untuk percobaan dalam pembelajaran IPA di kelas Sekolah Dasar. Jenis
KIT IPA, antara lain :
a.
KIT
IPA untuk siswa yang dibutuhkan oleh kelompok – kelompok siswa untuk percobaan.
b.
KIT
IPA untuk Guru yang dibutuhkan oleh guru untuk peragaan.
c.
KIT
IPA, daftar nama benda – benda dan bahan – bahan dari lingkungan yang
diperlukan untuk percobaan tertentu.
2. Macam – macam peraga di dalam KIT IPA
a.
Mahluk
Hidup
1)
Makhluk
hidup berkembang biak
2)
Pemeliharaan
dan pengembangbiakan makhluk hidup
3)
Populasi
b.
Alat
indra
c.
Magnet
d.
Listrik
3. Kegunaan KIT IPA
a.
Untuk
meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
b.
Untuk
penekanan pada metode – metoda pembelaran interaktif.
c.
Untuk
mengembangkan program pengembangan sumber daya manusia.
d.
Untuk
menciptakan tenaga kerja yang lebih bermutu.
e.
Untuk
memenuhi tujuan pembengunan masyarakat, ekonomi dan teknik di Indonesia.
f.
Untuk
membantu guru IPA mempermudah persiapan pengajaran dan memperbaiki mutu proses
belajar mengajar di kelas didasarkan pada kurikulum KTSP.
4. Peranan KIT IPA di Sekolah Dasar
a.
KIT
murid untuk percobaan yang dilaksanakan oleh sisws sendiri dalam kelompok –
kelompok.
b.
KIT
guru untuk peragaan dan percobaan yang umumnya dilakukan oleh guru dan siswa.
c.
Buku
paduan IPA untuk percobaan – percobaan yang dirakit sendiri dengan
menggunakan barang atau bahan yang ditemukan di lingkungan tempat tinggal
siswa.
5. Keuntungan Pembelajaran Ilmu Pengatahuan
Alam Melalui Media Pembelajaran Berbasis KIT IPA
Beberapa keuntungan dengan menggunakan media
pembelajaran berbasis KIT IPA adalah :
a. Selain tidak perlu biaya mahal, alat sudah
tersedia di sekolah, siswa maupun guru bisa langsung menggunakannya, dan siswa
dapat mengenal langsung pada obyek benda yang diteliti.
b.
Dalam
penggunaan KIT IPA, siswa maupun guru dapat memilih alat sesuai dengan materi
yang sedang dibahas.
c.
Fleksibel
dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan atau penyusun kurikulum.
6. Langkah-langkah Pembelajaran IPA Melalui
Media Berbasis KIT
Langkah-langkah dalam pembelajaran media berbasis
KIT IPA adalah :
a.
Memberi
informasi
Dalam tahapan ini diberikan informasi pelaksanaan
pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis KIT IPA.
b.
Menyiapkan
peralatan
Menyiapkan berupa alat peraga, LKS, pembelajaran
dan gambar materi tumbuhan hijau.
c.
Memperlihatkan
tata cara menggunakan media berbasis KIT IPA.
Siswa memperhatikan guru dalam mempraktekkan
penggunaan media berbasis KIT IPA tentang jenis – jenis tumbuhan hijau. Sambil mengerjakan LKS yang telah
disiapkan oleh guru.
d.
Menyamakan hasil
Setelah siswa selesai mengerjakan LKS, guru
membacakan jawaban yang benar berdasarkan buku sumber yang ditetapkan, dan
siswa mengoreksi jawabannya.
e.
Memberikan penjelasan
Guru memberikan penjelasan isi LKS yang sudah
diisi dengan benar sekaligus memberikan penjelasan materi pelajaran yang
berdasarkan buku sumber dan peragaan menggunakan media berbasis KIT IPA.
f.
Melakukan tanya jawab
Selanjutnya siswa diberi kesempatan bertanya atas
materi pelajaran yang belum dimengerti dan dipahami.
g.
Evaluasi
Diakhir kegiatan belajar mengajar guru
memberikan tes tulis, untuk mengetahui pemahaman siswa . terhadap materi
pelajaran.